Macam - Macam Kartu Memori Untuk Kamera

Memori kamera memiliki berbagai macam jenis, mulai dari memori yang memiliki ukuran penyimpanan yang berbeda atau kartu memori yang memiliki kecepatan transfer yang berbeda. Pasti kalian yang sering menggunakan kamera DSLR sering melihat kartu memori yang memiliki tulisan class yang berbeda - beda, seperti class 4, class 6 ataupun class 10. Pembagian class tersebut tentu memiliki kemampuan yang berbeda - beda. 

Berbicara mengenai kecepatan kartu memori, saat ini terdapat beberapa macam kecepatan kartu memori diantaranya speed class atau yang biasanya ditulis dengan class. UHS (Ultra High Speed/kecepatan sangat tinggi), dan video speed class. Untuk tingkatan kartu memorinya yaitu mulai dari class 0. 2. 4, 6, 8, 10, UHS speed class 1 dan 3. V class 6, 10, 30, 60, dan 90. 

Macam - Macam Kartu Memori Untuk Kamera

Kartu memori yang memiliki kecepatan paling rendah disini yaitu speed class. Kartu memori ini biasanya digunakan untuk kamera DSLR dengan level standar. Namun biasanya, kebanyakan kamera DSLR menggunakan memori dengan ukuran tidak kurang dari 8MB dengan class 4. Sudah sangat jarang yang menggunakan kartu memori dengan class yang sangat rendah seperti class 0 dan 2. 

Lalu apakah arti dari class pada kartu memori? Arti dari tulisan class pada kartu memori yaitu menjelaskan bahwa kartu memori tersebut memiliki kecepatan transfer atau menulis data yang berbeda. Berikut uraian penjelasan mengenai tingkatan kartu memori untuk jenis speed closs.


Macam - Macam Kartu Memori Untuk Kamera


class 0 : tidak memiliki kecepatan minimum. 
class 2 : dengan kecepatan transfer rate 2M8/second. 
class 4 : dengan kecepatan transfer rate 4MB/second.
class 6 : dengan kecepatan transfer rate 6MB/second.
class 8 : dengan kecepatan transfer rate 8MB/second.
class 10 : dengan kecepatan transfer rate 10MB/second. 

Bagi kalian yang pernah atau sering membuat video pada kamera DSLR, apakah pernah saat sedang merekam video tiba - tiba perekaman video terhenti dan muncul 'Movie recording has been stopped automaticallys? bila iya, salah satu penyebabnya adalah kalian menggunakan memori yang kurang tepat pada kamera DSLR yang digunakan. 

Jika kamera kalian merekam video dengan ukuran Full HD (1980x1080p), maka minimal kartu memori yang kalian gunakan adalah kartu memori class 6, namun jika ingin mendapatkan kecepatan yang lebih, maka sebaiknya menggunakan memori dengan class yang lebih baik misalnya class 10.

Untuk tingkatan kartu memori yang selanjutnya yaitu UHS (Ultra Hlgh Speed), kartu memori ini menggantikan standar kartu memori jenis speed class diatas. Berbeda dengan speed class, jenis memori UHS ini memiliki jenis yang lebih sedikit yaitu hanya 2 tingkatan. Berikut tingkatan memorinya :

Macam - Macam Kartu Memori Untuk Kamera

UHS speed class 1 : dengan kecepatan transfer rate 10MB/second 
UHS speed class 3 : dengan kecepatan transfer rate 30MB/second 

Bagi kalian yang lebih menyukai untuk membuat video, sebaiknya menggunakan memori dengan jenis ini, karena memori ini memang difungsikan untuk perekaman video pada kamera DSLR. Namun, tidak semua kamera support untuk menggunakan jenis kartu memori ini mengingat kualitas kartu memori ini lebih tinggi dari speed class yang biasanya digunakan pada kamera DSLR. 

Untuk itu, sebelum kalian membeli kartu memori jenis ini, sebaiknya kalian mencoba terlebih dahulu sebelum kalian membelinya. Karena dikhawatirkan kamera kalian tidak bisa menggunakan kartu memori tersebut.

Selanjutnya adalah kartu memori dengan jenis V class, jenis kartu memori ini merupakan yang memiliki kualitas yang tertinggi dibandingkan 2 jenis kartu memori diatas. Memori V class memiliki kualitas yang tinggi karena memang khusus digunakan untuk kamera profesional dengan kualitas yang tinggi, salah satu contoh yang dapat menggunakan kartu memori ini yaitu kamera 360 derajat. Kamera ini memang terkenal memiliki kualitas yang tinggi serta harga yang tidak murah.

Terdapat 5 tingkatan untuk kartu memori pada jenis V class ini, tentu masing - masing memiliki kualitas kecepatan yang berbeda - beda, berikut penjelasannya : 

Macam - Macam Kartu Memori Untuk Kamera

v class 6 : dengan kecepatan transfer rate 6MB/second.
v class 10 : dengan kecepatan transfer rate 10MB/second.
v class 30 : dengan kecepatan transfer rate 30MB/second. 
v class 60 : dengan kecepatan transfer rate 60MB/second. 
v class 90 : dengan kecepatan transfer rate 90MB/second.
Baca Juga : Jenis - Jenis Filter Pada Lensa

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan tulis jika ada pertanyaan, kritik maupun saran dan jangan sungkan-sungkan

Tekan (X) 2x untuk menutup
Dukung kami dengan like fanspage ×