Cara Menghapus File Sampah (File Cache) di Android Tanpa Aplikasi

Halo agan agan yang tamvan, ketemu lagi nih. Sekarang lagi hujan-hujan nih jadi pas banget kalau buat nulis, ditambah secangkir kopi + koneksi yang lumayan (padahal biasanya lemot) jadi lebih semangat. Nah kali ini saya akan berbagi pengalaman saya tentang menghapus file sampah di android tanpa menggunakan aplikasi.

Mungkin diantara agan yang baru beli smartphone pasti lama-kelamaan jadi lemot, benar tidak? Nah jika iya berarti smartphone agan sudah banyak "dihuni" file sampah atau cache sehingga menyebabkan kinerja tidak stabil.

Menghapus File Sampah (File Cache) di Android Tanpa Aplikasi

Tapi tenang saja, untuk mengatasi hal tersebut hanya butuh menghapus file-file sampah yang sudah menumpuk agar performanya kembali normal. Tidak hanya normal, ketika file sampah sudah dihapus memori internal smartphone agan juga bakal lebih longgar.

Sayangnya banyak user Android sekarang yang tidak paham tentang masalah tersebut, sehingga mereka bingung jika smartphone yang mereka miliki menjadi sulit dikendalikan (lemot). Tetapi ternyata file sampah atau cache tersebut sebenarnya juga berguna untuk HP Android agan, karena dengan file cache tadi segala aktivitas agan tercatat secara detail. Tapi ya tadi, kalau kebanyakan malah akan berakibat lelet.

Bagi agan yang masih bingung tentang bagaimana cara menghapus file sampah/cache di Android, disini saya akan mencontohkannya kepada agan semua. Oh iya, trik yang saya pakai ini tidak menggunakan software atau aplikasi khusus, jadinya agan bisa langsung membersihkannya di HP Android agan. Oke langsung saja cekidot!

Menghapus File Sampah (File Cache) di Android Tanpa Aplikasi


1. Pertama, masuk ke menu Setting


2. Scroll ke bawah dan pilih Manajer Aplikasi


3. Pilih aplikasi yang ingin dibersihkan file sampahnya. Disini saya memberi contoh pada Instagram


4. Scroll ke bawah dan Hapus Memori / Cache (jangan pilih yang Hapus Data)


5. Tunggu sampai proses selesai

Demikianlah pembahasan saya mengenai Tutorial Menghapus File Sampah di Android tanpa Software. Semoga bermnafaat kepada kita semua. Jangan lupa share juga, siapa tahu teman atau saudara agan membutuhkan.

Baca juga:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan tulis jika ada pertanyaan, kritik maupun saran dan jangan sungkan-sungkan

Tekan (X) 2x untuk menutup
Dukung kami dengan like fanspage ×