7 Trik Untuk Menghemat Kuota Internet di Android

Kuota internet cepat habis? Tidak punya uang saku untuk membeli paketan internet? Anda tidak perlu khawatir, sebab disini kami akan mengulasnya secara tuntas agar kuota internet Anda tidak cepat habis alias hemat. Sebelum beranjak ke inti artikel, alangkah baiknya jika Anda mengetahui "Apa saja yang menyebabkan kuota internet cepat habis?"

Penyebab utama kuota internet cepat habis atau boros adalah Anda terlalu sering mendownload file yang berukuran besar entah itu Film/Movies, Game HD, Custom ROM, Firmware dan lain-lain. Selain itu, ada beberapa penyebab lain yang tentunya dapat mempercepat kuota menjadi ludes yakni mendownload aplikasi atau game yang ada di Google Playstore dan juga streaming video yang ada di YouTube.

7 Trik Untuk Menghemat Kuota Internet di AndroidKetika mendownload sebuah aplikasi di Google Playstore memang kita tidak terasa kalau kuota kita akan tersedot cukup banyak. "Mengapa?" Sebab kecepatan download di Google Playstore sangat cepat bahkan bisa mencapai lebih dari 1 MB perdetiknya.

Selain di Playstore, menonton video YouTube juga dapat menguras kuota internet. "Kok bisa gan?" Ya bisa, karena menonton video (streaming) sama saja dengan kita mendownload gambar. Sampai disini ada yang ingin ditanyakan? Jika tidak, Anda bisa menanyakannya di kolom komentar yang ada dibawah postingan.

Kembali ke inti artikel yakni cara menghemat kuota internet. Sebenarnya di dunia ini selalu ada trik-trik tertentu guna untuk meminimalis kinerja akan tetapi mendapat hasil yang memuaskan, salah satunya ya cara agar kuota menjadi hemat ini. Berikut cara menghemat kuota internet di Smartphone berbasis Android versi Andrian Trik.

1. Menonaktifkan Auto Update Google Play


Menonaktifkan Auto Update Google Play

Pertama yaitu dengan menonaktifkan Auto Update yang ada di Google Play. Fitur Auto Update memungkinkan Smartphone Anda akan mendownload aplikasi dengan sendirinya tanpa adanya perintah. Akan lebih baik fitur Auto Update ini dimatikan saja. Caranya, Buka Google Play >> Setting >> Auto-Update apps >> Do not Auto-Update apps.

2. Menonaktifkan Fitur Auto Sync


Untuk fitur Auto Sync caranya, Buka Setting >> Account >> Sync selanjutnya hilangkan tanda centang yang ada pada background data dan Auto Sync.

3. Menghapus Aplikasi yang Banyak Menggunakan Koneksi Internet


Apabila Anda gemar melakukan browsing, disarankan agar Anda memilih browser yang memiliki kemampuan untuk mengompres situs sehingga dapat menghemat data internet. Contoh browser yang sangat irit data antara lain Opera Mini, Chrome, UC Browser Mini dan Dolphin Browser Mini. Biasanya saya sendiri sering menggunakan Opera Mini dan terbukti sangat irit pengguanaan data.

4. Menonaktifkan Fitur Automatic Download


Automatic Download Whatsapp

Trik selanjutnya yaitu menonaktifkan fitur Automatic Download. Beberapa aplikasi memiliki fitur automatic download misalnya pada aplikasi WhatsApp Anda bisa membuka Setting >> Chat Setting >> Media auto-download >> Hapus tanda centangnya.

5. Menonaktifkan Auto Location


Fitur Auto Location memungkinkan server dapat mengambil informasi lokasi dimana Anda berada kapan saja. Untuk mematikan fitur ini Anda dapat membuka Setting >> Location Acces >> Off.

6. Menonaktifkan Data Seluler Jika Tidak Sedang Dipakai


Jangan sering kali menyalakan data seluler di Smartphone Anda. Nyalakan apabila diperlukan saja. Dengan hal ini, kuota internet Anda juga akan lebih hemat dari sebelumnya.

7. Hapus Aplikasi yang Banyak Menggunakan Koneksi Internet


fb dan twitter

Anda bisa saja menghapus aplikasi yang sedang berjalan, biasanya terlihat di background layar Smatrphone. Aplikasi tersebut meliputi Facebook dan Twitter. Jika Anda ingin kuota internet Anda menjadi hemat, lebih baik aplikasi tersebut dihapus saja. Sebagai gantinya, Anda cukup membuka facebook dan twitter melalui browser saja.

Diantara ke 7 trik diatas mungkin diantara kalin ada trik tambahan. Jika ada, Anda bisa menambahkannya di komentar ya!

Demikian pembahasan 7 Trik Menghemat Kuota Internet di HP Android. Semoga dengan trik-trik diatas bisa bermanfaat bagi Anda semua. Terima kasih sudah berkunjung.

Baca juga:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan tulis jika ada pertanyaan, kritik maupun saran dan jangan sungkan-sungkan

Tekan (X) 2x untuk menutup
Dukung kami dengan like fanspage ×